Jumat, 05 Desember 2008

Bisnis Unggulan : Ikan Mas Koki

Anak-anak menyukai hewan air jenis ini. Selain bentuknya lucu warnanya juga menarik. Mulai anak SD hingga orang S2 juga mengandrungi ikan ini.Ikan mas Koki. Jangan mengira kalau dengan nama yang disandangnya ikan ini pintar memasak atau menyajikan menu. Mungkin yang namanya itu dari leluhurnya dahulu. Mas thoyib,mas naryo atau bisa ada blesteran antara mas komeng dan kikan. Jadi keluar nama mas koki.Dengan nama latin catassius auratus dulunya ikan ini hanyalah sebagai ikan lauk. Populeritasnya meningkat sejak dinasti Ming (1368-1644) karena saat itu mulai muncul strain dengan bentuik yang sangat unik serta banyak yang dijual kenegara lain seperti jepang. Lagi-lagi jepang adalah negara yang sangat inovatif dalam megembangkan suatu produk.Tak ayal ikan koki inipun mengalami banyak variasi dalam pembiakannya sehingga strain baru yang menarik bermunculan hingga saat ini yang dikenal juga akhirnya di Indonesia.

Jenis-jenis ikan mas koki yang banyak digemari di sini antara lain :

  • Ras bulldog (mata terlihat melotot)
  • Spencer (adanya jambul di kepala dan sisik yang menarik)
  • Mutiara (banyak butiran daging disekujur tubuhnya sehingga tampak seperti mutiara yang menempel)
  • Red head (adanya bintik merah di bagian kepala)
  • Buble eyes (mata kantong,karena tampak gelembung besar dibagian kantung matanya)
  • Veil tail (dengan sirip punggung dan ekor yang agak panjang berumbai)
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ikan mas koki sedikit manja dalam pemeliharaannya sehingga tak urung sering membuat orang putus asa jika menginginkan umur yang panjang untuk hewan air yang satu ini. Tapi kalau kita tahu mudah kok pemeliharaannya bahkan untuk budidaya atau tujuan bisnis sekalipun.

Berikut ini yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan ikan mas koki.

  • Sirkulasi air yang lancar dengan cara dibantu menggunakan filter air serta pemenuhan oksigen yang memadai dengan dibantu aerator akan menjadikan si gendut lucu ini sehat.
  • Pemberian pakan tidak berlebihan sehingga tidak membuat air cepat kotor dan menjadikan subur tumbuhnya bakteri dan jamur menyebabkan ikan mas koki ini sakit yang akhirnya mati.
  • Perhatikn koloni yang ditempatkan bersamaan dengan ikan mas koki yang sering usil dengan menitili tubuh si gembrot yang berakhir dengan luka,sakit terus koit. Terutama jenis ikan-ikan kecil yang suka memburu makanan atau parasit yang menempel di tubuh ikan mas koki.
  • Pisahkan segera begitu mengetahui ada ikan yang terinfeksi dengan jamur atau bakteri untuk diberi perawatan khusus.
  • Penggantian air jangan seratus persen dengan yang air yang baru. Lebih-lebih air pam yang kandungan kaporitnya tinggi sekali. Begitu ditaruh ke dalam aquarium biasanya sebentar saja sudah kelenger. Sisihkan air yang lama ± 30 % dicampur dengan air yang baru 70% dengan syarat kalau menggunakan air pam haarus diendapkan 3 s/d 4 jam terlebih dahulu lalu diambil bagian permukaannya saja.
  • Pemberian obat-obatan yang cepat dan tepat akan menjaga kesehatan klagenan lucu ini hidup lebih lama.
Soal obat-obatan banyak tersedia di penjual ikan hias dengan banyak merk. Tinggal sebutkan saja gejala penyakit si ikan maka dokter ikan tersebut akan menyerahkan jenis obat yang harus kita tebus.

Nah bagi yang senang kumpulin rupiah yang sering dipermainkan dolar kayaknya tidak salah menerjuni Bisnis unggulan ikan gendut ini. Untuk pemasarannya sangat mudah karena memang ikan hias ini diminati pasar yang sangat luas.

Tidak ada komentar: