Sabtu, 13 Desember 2008

Bisnis Unggulan : Botol Aqua Bekas

Botol minuman mineral yang terbuang jumlahnya cukup fantastic di kota-kota besar. Ini tidak lain karena besarnya konsumsi minuman air mineral yang cukup tinggi. dampak lainya sudah barang tentu sampah bekas minuman air mineral itu juga menjadi banyak.

Tetapi untungnya sudah banyak pula yang bisa melihat peluang emas dari botol bening atau berwarna itu. Mulai ada yang memanfaatkan untuk hiasan atau ornamen di pagar,tiang,tembok,hiasan gantung,menjadi tempat pensil,bumbu dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun ada pula yang mengolahnya kembali menjadi bahan plastik recicle yang mempunyai nilai ekonomis yang tak kalah bagus.

Pada umumnya jenis bahan bekas botol minuman air mineral atau isotonik yang lainnya terbuat dari jenis PET. Ada juga yang terbuat dari bahan plastik PP,PVC ataupun yang lainnya dengan sebutan plastik bodongan atau bodong. ciri bodongan bisa dilihat dari garis tipis yang tampak dibagian tengah botol yang menunjukan bahwa bahan bekas botol tersebut di buat dengan menggunakan mesin blowing.

Pemisahan jenis yang sama di dalam penjualan sangat penting sekali untuk mendongkrak harga jual dipasaran. Begitu pula tingkat kebersihan botol.
Pemisahan bisa dilakukan dengan cara :
  • Berdasarkan warna
  • Berdasarkan tingkat kebersihan
  • Jenis bahan
  • serta pemisahan dari bahan yang tak sejenis seperti pada bagian tutup botol dan kulit packagingnya sendiri.
Jangkauan pasar bahan jenis bodong ini sangatlah luas sehingga biasanya jumlah berapapun yang bisa kita kumpulkan 100% akan terserap oleh pasar. Termasuk bahan tutup dan plastik packagingnya sendiri.

Tidak ada komentar: